Home » » Cara Menguji Apakah Antivirus Kita Berfungsi

Cara Menguji Apakah Antivirus Kita Berfungsi

Hi...pembaca oktri.co.cc,kali saya akan berbagi tips,yaitu menguji apakah antivirus kita berfungsi dengan baik atau tidak, Berfnugsi dengan baik! Jika anda ragu apakah antivirus di komputer anda bekerja atau tidak, anda boleh melakukan ujian atau mengetestnya dengan menggunakan script yang disediakan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Notepad anda, lalu copy dan paste kode di bawah ini di notepad anda.

X5O!P%@AP[4’PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

2. Teks yang dipaste harus dalam keadaan horizontal atau mendatar.
3. Lalu simpan iaitu Save As dokumen Notepad anda itu dengan sambungan atau ekstension .com, nama fail tersebut terserah kepada anda.
Contoh : antiviruscheck.com

4. Jika beberapa saat setelah anda melakukan Save As fail tersebut dan antivirus anda terus mengesannya atau mendeteksinya sebagai virus maka ini bererti antivirus anda berfungsi dengan baik.
Jangan takut fail tersebut tidak akan menginfeksi komputer kita walaupun ia dikesan oleh anti virus sebagai mempunyai virus.
Kod teks yang saya tuliskan di atas adalah Kod Teks Piawai (Standard Text Code) yang biasanya digunakan oleh para Developer atau pembina perisian Anti Virus khususnya oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).
EICAR sendiri merupakan badan yang fokus dalam bidang virus dan mereka menciptakan sebuah sistem standard/piawai terhadap antivirus. Standard ini digunakan untuk melihat reaksi antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR iaitu fail teks yang kita buat dengan notepad tadi. SELAMAT MENCUBA!!



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Fivers

Selamat Datang Di OKTRI BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...Selengkapnya tentang Tutorial Ini

Sekilas tentang penulis

Nama saya Oktri darmadi,saya seorang Mahasiswa S1 Teknik Informatika Di IBI DARMAJAYA Bandar Lampung.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
Oktri