Home » Tutorial Internet dalam Bahasa Jawa Telah Dirilis

Tutorial Internet dalam Bahasa Jawa Telah Dirilis

foto berita artikel Bahasa adalah wahana utama dalam menyampaikan pesan selain isyarat grafis, tanpa memahami bahasanya tentunya kecil kemungkinan pengunjung bisa memahami pesan yang terkandung di dalam posting, maka webmaster haruslah memilih bahasa yang digunakan di website karena sangat erat hubungannya dengan potensi pengunjung yang menjadi targetnya. Di dunia online secara alamiah telah memilih bahasa inggris sebagai satu bahasa yang paling dipahami di seluruh dunia, artinya  suatu website yang menggunakan bahasa inggris (english) bisa dipahami oleh netter-netter dunia, begitu juga dengan bahasa indonesia bisa dipahami untuk netter yang memahami bahasa indonesia meskipun mengakses dari manapun.
Bagaimana dengan bahasa daerah ? fakta nyata bahwa sangat sedikit webmaster yang menggunakan bahasa daerah secara serius padahal sebenarnya potensi pengunjung cukup banyak, sebagai contoh bahasa jawa masih aktif digunakan dalam keseharian di jawa tengah dan Jawa Timur sedangkan potensi lain adalah "orang jawa" yang telah migrasi ke seluruh pulau di Indonesia, yang kerja di Malaysia/Asia atau Timur Tengah serta yang sedang belajar di Amerika, Eropa, Australia belum terhitung orang Suriname yang notabene berbahasa Jawa-Belanda, hitung-hitung mungkin di atas 25 juta orang potensinya.
Jika kita cari lewat artikel Google atau Yahoo dengan menggunakan keyword: "basa jawa" atau "jawa" akan muncul deretan website yang menggunakan atau sekali-kali menggunakan bahasa jawa di kontennya, tapi jika kita surfing lebih jauh sayangnya rata-rata belum serius menggunakan basa jawa sebagai power..! sayang sekali memang penghargaan masyarakat terhadap bahasa daerah sangat minim. Satu hal penting adalah saat surfing di www.lyasa.com/jw dimana admin menyajikan tema tutorial membuat website, multi bahasa serta tip & trik internet yang dahsyat! dalam tiga bahasa sekaligus : english, bahasa indonesia dan basa jawa , ini baru ok, tiap konten diterjemahkan secara sempurna, kita tinggal mengklik bendera di sudut kanan atas maka konten akan berganti bahasa secara automatis.

Ada beberapa alasan logis untuk menggunakan bahasa daerah:
1. Potensi pengunjung masih cukup banyak.
2. Unik, nilai keunikan cukup tinggi.
3. Menghidupkan jati diri bangsa dan bahasa.
4. Nilai kedaerahan yang kental tema situsnya.
5. Masih ada masyarakat yang belum paham bahasa lain.

Atas dasar nilai-nilai luhur di atas, marilah untuk serius mengangkat bahasa daerah nusantara, bagaimana caranya??? mudah kok, bisa membaca tutorial di situs yang disebutkan di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Penulis :Ir. Makin Seno Aji (www.lyasa.com)






Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Fivers

Selamat Datang Di OKTRI BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...Selengkapnya tentang Tutorial Ini

Sekilas tentang penulis

Nama saya Oktri darmadi,saya seorang Mahasiswa S1 Teknik Informatika Di IBI DARMAJAYA Bandar Lampung.

Social Stuff

  • RSS
  • Twitter
  • Facebook
  • HOME
Oktri